Cara Mengatasi Listrik Korslet Yang Aman

Istilahkorsleting listrik pasti sudah umum di dengar banyak orang. Sebab, peristiwa ini memang sering terjadi baik kesalahan dalam penggunaan barang-barang elektronik maupun kelalaian lainnya. parahnya lagi, masalah ini bisa menyebabkan percikan api yang bisa membakar bangunan. Untuk itu, kita harus mengetahui terlebih dahulu cara mengatasi listrikkorslet yang aman berikut ini.


1. Mencari Sumberkorsleting
Walaupun kita sedang dihadapi dengan masalah yang lumayan berat seperti listrikkorslet ini, namun tetap saja hal pertama yang dilakukan adalah tetap tenang. Jangan panik dan cari tahu dimana sumber masalah yang menyebabkan hal tersebut. Biasanya, masalah besar seperti adanya kebakaran bisa diminimalisir jika kita menggunakan aliran listrik yang legal dan resmi. Sebab, setiap instalasi listrik yang dipasangkan secara legal oleh petugas pastilah sudah dilengkapi dengan beragam pengaman. Biasanya, sistem kelistrikan dirumah akan dipasangkan MCB atau miniatur circuit breaker yang merupakan pengaman pemutus arus listrik jika terjadikorsleting. Jadi, kita seharunya bisa menemukan sumber yang menyebabkankorsleting tersebut.

2. Matikan Arus Listrik
Agar tidak meluas dan menyebabkan bahaya lainnya seperti percikan api, maka langsunglah melakukan pemutusan arus listrik apabila masih menyala secara otomatis. Namun, biasanya setiap MCB yang dipasang minimal dua buah di setiap rumah akan langsung turun dan memutus aliran listrik. Jika hal ini terjadi, maka akan terjadi pemadaman listrik baik sebagian ataupun secara menyeluruh.

3. Pastikan Masalahkorsleting
Biasanya, MCB yang turun dan menyebabkan listrik mati mendadak menandakan adanya kerusakan atau kesalahan. Jadi, cobalah untuk menghidupkannya kembali. Namun, jika sudah dihidupkan tapi tetap kembali mati, maka memang sedang terjadikorsleting. Jika hal ini terjadi, maka matikan semua lampu atau barang-barang elektronik yang terhubung ke arus listrik. Cobalah evaluasi satu per satu. Jangan hidupkan pada bagian yang kemungkinan mengakibatkan konleting tersebut. Kemudian, kembalikan posisi MCB pada posisi ON atau menyala.

Nah, jika semua kembali menyala dengan normal makakorsleting hanya terjadi pada titik yang dimatikan tersebut saja. Setelahnya, kita bisa meminta bantuan petugas listrik untuk memperbaikinya.

Share this