4 Hal Penting Seputar Penggantian Oli Kendaraan

Mengganti oli merupakan hal yang penting untuk dilakukan. Sebab, semua kendaraan memiliki mesin tentunya membutuhkan pelumas agar mesin tidak cepat panas dan bisa digunakan dengan baik. Namun, tahukah anda tentang 4 hal penting seputar penggantian oli kendaraan tersebut? Jika belum, berikut pembahasannya.


Apa Alasan Kita Harus Mengganti Oli Secara Teratur?
Seperti yang kita jabarkan di atas, bahwasanya oli merupakan sebuah pelumas yang fungsinya untuk membuat mesin lebih dingin dan bekerja dengan baik. Sayangnya, seiring dengan pemakaiannya, oli akan menjadi keruh serta kotor dan kehilangan fungsinya. Hal ini akan menyebabkan mesin menjadi mudah rusak dan panas lagi. Untuk itu, diperlukan pergantian oli secara berkala agar bisa menjaga mesin kendaraan tersebut.

Bagaimana Mengetahui Oli Kendaraan Harus Diganti?
Oli akan dimasukkan pada bagian mesin. Dan tentunya, ini tidak bisa dilihat dari luar. Untuk itu, kita harus mengetahui terlebih dahulu apa saja ciri-ciri yang bisa menjadi patokan untuk mengganti oli kendaraan tersebut. Salah satu ciri-ciri yang bisa dijadikan patokan adalah kecepatan speedometer yang mencapai kelipatan 2.000 hingga 3.000 km. atau, jika dihitung secara manual, setidaknya diganti setiap dua bulan sekali.

Kapan waktu Yang Tepat Untuk Mengganti Oli?
Kita bisa membaca buku manual untuk penggantian oli kendaraan. Atau menggunakan patokan dari kelipatan speedometer di atas. Tentu saja, oli mesin juga harus didampingi dengan pergantian oli garden juga.

Apa Dampak Negatif Jika Tidak Mengganti Oli Secara Berkala?
Tentu ada dampak negatif jika kita tidak melaksanakan pergantian oli secara berkala tersebut. Sebab, salah satu fungsi dari oli ini tergolong besar dan berpengaruh. Misalnya saja dengan keadaan oli mesin yang sudah sangat kering dan menyebabkan mesin menjadi overheating.

Hal ini menyebabkan kinerja mesin menjadi berat, tarikan gas menjadi tidak bertenaga dan suaranya juga tidak halus lagi. Bahkan, jika tidak diganti dengan berkala, maka akan lebih boros bahan bakar. Atau, kerusakan pada postin sehingga menyebabkan motor mati mendadak dan tidak bisa dinyalakan lagi.

Untuk itu, hendaknya kita selalu menjaga keawetan mesin dengan rutin mengganti kendaraan tersebut secara teratur.

Share this